Masjid Agung Darussalam Bangunan Megah Bersejarah


 

Diantara bangunan-bangunan yang berderet di jantung kota Cilacap terdapat salah satu bangunan megah dengan menara menjulang tinggi di depannya.

Yaitu Masjid Agung Darussalam Cilacap, bangunan megah ini seakan-akan menjadi Oasis ditengah hamparan padang pasir mengingat kota Cilacap terletak di pesisir selatan dan memiliki udara yang terbilang lebih hangat dibanding kota-kota lain disekitarnya.

Di masjid ini juga banyak diselenggarakan kegiatan seperti pengajian rutin,baca tulis quran yang setiap sore di ikuti oleh anak-anak dan ada pula acara besar yang diselenggarakan seperti Maulid Nabi, Isra' Miraj dan acara besar lainnya.

Saya sendiri sangat senang beribadah di Masjid Agung Darussalam ini selain tempatnya yang nyaman,udaranya sejuk walaupun tanpa menggunakan Air Conditioner,fasilitasnya yang lengkap dan keamanannya juga sangat terjamin,ketika memarkirkan kendaraan akan selalu ada petugas yang mengarahkan dan mengawasi kendaraan anda.

Setelah melakukan aktivitas ibadah, anda juga bisa membaca Al-Quran yang disediakan pada setiap pilar pilar masjid dan buku bacaan yang disediakan takmir masjid,letak perpustakaan kecil ini berada di shaft paling belakang di sebelah kiri. Disana tersedia bermacam-macam genre buku mulai dari buku Sejarah Islam, Tata Cara Ibadah, Ekonomi Islam, Biografi Tokoh Islam dan yang paling menarik anda akan menemukan tabloid jadul cetakan tahun 1980-an.

Sejarah

Masjid Agung Darussalam Cilacap ini memiliki nilai sejarah yang tinggi,menurut penuturan Ketua Takmir Masjid KH Muslihun Ashari, Masjid Agung Darussalam dibangun kisaran tahun 1776 Masehi bahkan dibangun sebelum berdirinya Kota Cilacap,hal itu diperkuat dengan adanya tulisan pada Beduk yang terletak di teras depan masjid.

Badug Masjid Agung Kota Cilacap
Beduk Masjid Agung Cilacap

Pada beduk itu bertuliskan 1776 dalam bahasa arab,artinya Masjid Agung Darussalam Cilacap saaat ini sudah berusia 248 tahun,menurut penuturan ketua Takmir dan Imam Masjid Agung Darussalam pembangunan masjid tidak lepas dari peran Walisongo keturunannya.

Fasilitas

Fasilitas Masjid Agung cukup lengkap mulai dari halaman parkir yang cukup luas,akses menuju masjid pun sangat mudah.

  • Parkir
  • Tempat Wudhu Luar
  • Tempat Wudhu Dalam
  • WC Jongkok
  • WC Duduk
  • Urinoir
  • Loker
  • Lantai 2
  • Perpustakaan
  • Air Minum
 
Parkir Mobil Masjid Agung Cilacap
Parkir Mobil





Tempat Wudhu Dalam
Tempat Wudhu Dalam

Loker Masjid
Loker Masjid

Lokasi

Jl. Masjid No.1, Cilacap, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53212